√ Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dan Contohnya

Posted on

Gerak lusur

Gerak lurus berubah beraturan merupakan gerak dengan percepatan konstan. Selama geraknya percepatan a tidak berubah baik besar maupun arahnya, karena itu komponen-komponen a juga tidak berubah, ax konstan dan ay konstan.


Dengan demikian, kita memiliki suatu keadaan yang dapat dinyatakan sebagai jumlah dari dua komponen gerak pada dua arah yang berbeda, masing-masing dengan percepatan konstan dan terjadi secara serempak.

Persamaan untuk percepatan konstan dapat kalian lihat pada Tabel 1.1, diterapkan untuk komponen x dan y dari vektor posisi r, vektor kecepatan v, dan vektor percepatan a

Apabila gerak lurus yang terjadi merupakan perpaduan beberapa gerak maka dinyatakan dalam vektor resultan. Perpindahannya berdasarkan analisis komponen-komponen vektornya pada sumbu x dan y.

Vektor resultan s dapat dinyatakan ke dalam vektor s1 dan s2 sebagai berikut:

= s1  + s2

Kita dapat menuliskan besar komponen-komponen berikut:

Rumus Gerak Parabola

Perhatikan Gambar 1.13. Bagaimana lintasan yang ditempuh atlet tersebut? Atlet menempuh lintasan parabola (melengkung). Gerak parabola merupakan perpad uan gerak lurus beraturan (GLB) pada arah horizontal dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada arah vertikal.


Gerak parabola juga dikenal dengan gerak peluru. Lemparan bola, bola yang ditendang, peluru yang ditembakkan dari senapan, atlet yang melakukan lompat jauh atau lompat.

ini kita mengabaikan gesekan udara, dan tidak akan memperhitungkan dengan proses bagaimana benda dilemparkan, tetapi hanya memerhatikan geraknya setelah dilempar dan bergerak bebas di udara dengan pengaruh gravitasi semata.


Oleh karena itu, percepatan benda tersebut disebabkan oleh percepatan gravitasi (g) yang arahnya ke bawah (menuju pusat Bumi).Perhatikan Gambar 1.14. Sebuah  y

demikianlah artikel dari dosenmipa.com mengenai Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Tinggalkan Balasan